Selasa, 18 November 2008

The Winner





Pemain Terbaik Eropa 2008, Messi atau Ronaldo?
Favorit Peraih Ballon d'Or 2008

PARIS - Penganugerahan Ballon d'Or alias Pemain Terbaik Eropa 2008 baru akan dihelat di Paris, Prancis, pada 2 Desember. Tapi, dua pekan jelang hari H, pencinta maupun pengamat sepak bola Eropa sudah memperdebatkan siapa kandidat peraih gelar paling prestisius bagi pesepak bola di Benua Biru itu.

Pada 19 Oktober lalu, sebagai penggagas, majalah sepak bola Prancis France Football sudah memilih 30 pemain yang masuk nominasi. Hampir semua bintang-bintang lapangan hijau yang bertebaran di liga elite Eropa terjaring.

Dari sederet nama itu, dua pemain disebut sebagai kandidat kuat peraih Ballon d'Or tahun ini. Mereka adalah winger Manchester United Cristiano Ronaldo dan penyerang Barcelona Lionel Messi. Keduanya masuk nominasi tiga besar tahun lalu. Tapi, Ballon d'Or 2007 akhirnya menjadi milik pemain AC Milan Kaka.

Lantas, siapa yang lebih baik di antara Ronaldo dan Messi? Yang jelas, kedua pemain sama-sama masih muda, penuh talenta, dan populer. Syarat terakhir sangat menentukan karena peraih Ballon d'Or ditetapkan lewat jajak pendapat yang melibatkan 96 jurnalis sepak bola dari berbagai dunia.

"Dengan begitu, peraih Ballon d'Or tak lagi sekadar pemain terbaik di Eropa, tapi juga dunia," demikian pernyataan yang dikutip dari France Football saat pengumuman 30 nomine Ballon d'Or 2008 pada 19 Oktober lalu.

Dari segi popularitas, Ronaldo memang lebih sering diekspos media di seluruh dunia. Tapi, populer saja tidak menjadi garansi. Buktinya, sekalipun berada di bawah Ronaldo dalam daftar kandidat penerima Ballon d'Or tahun lalu, Messi balik mengungguli lewat penghargaan di skala yang lebih luas, yakni Pemain Terbaik Dunia FIFA.

"Messi masih 21 tahun. Pemain muda seperti dia tinggal menunggu waktu bakal memenangi berbagai penghargaan individu bergengsi," kata Michel Platini, presiden UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa), di situs resmi organisasi.

Jika acuannya prestasi, Ronaldo lebih unggul daripada Messi. Tahun lalu, Kaka meraih Ballon d'Or setelah sukses membawa AC Milan merebut gelar Liga Champions. Pengalaman itulah yang ingin diulang Ronaldo. Musim lalu, dia sukses membawa United meraih trofi Liga Champions sekaligus gelar domestik (Premier League).

Modal CR7 -julukan Ronaldo- makin besar dengan merebut Sepatu Emas Eropa 2007/2008 berkat torehan 31 gol di Premier League musim lalu. Tak hanya itu, dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFPro Award 2008 akhir Oktober lalu. FIFPro adalah organisasi dunia yang menaungi 42 perkumpulan pemain sepak bola profesional di setiap negara. Tahun lalu, Kaka juga memenangi penghargaan itu.

Messi? Pemain mungil tersebut gagal memberikan trofi juara bagi Barcelona musim lalu. Prestasi terbaiknya adalah mengantarkan Argentina meraih medali emas Olimpiade Beijing pada Agustus lalu.

"Dengan yang diraihnya, mulai Liga Champions, Sepatu Emas Eropa, hingga FIFPro Award, Cristiano Ronaldo layak menjadi pemain terbaik Eropa tahun ini," ujar Sepp Blatter, presiden FIFA, kepada Tribalfootball.

Messi dan Ronaldo memang berada di urutan teratas kandidat peraih Ballon d'Or 2008. Namun, jangan meremehkan 28 nomine lainnya. Sebut saja Fernando Torres, pahlawan Spanyol saat menjuarai Euro 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar