Senin, 01 Desember 2008

EPL

Liverpool Geser Chelsea di Puncak

Liverpool berhasil menggeser posisi Chelsea di puncak klasemen meski dalam partai ke-15 Liga Premier, Senin (1/12) ini, mereka ditahan imbang 0-0 oleh tamunya West Ham United.

Dengan hasil kacamata ini, Liverpool unggul satu angka atas Chelsea di puncak klasemen dengan torehan 34 poin.

Sedangkan West Ham memperbaiki peringkat mereka dengan naik dua tingkat ke posisi 13 mengoleksi 18 angka dari 15 pertandingan.

Tampil di Anfield, Liverpool bertekad meraih kemenangan guna menyalip pesaing utama mereka, Chelsea. Namun sejumlah pemain andalan mereka semisal Javier Macherano dan Fernando Torres tidak dapat tampil karena cedera. Bahkan posisi bek kiri pun diisi oleh bek Italia Andrea Dossena setelah Fabio Aurelio menjadi pemain lainnya yang harus absen.

Untuk itu pelatih Rafael Benitez mengubah skema 4-3-3 yang biasa digunakannya dengan 4-4-2 dengan menempatkan Dirk Kuyt sebagai tandem Robbie Keane.

Liverpool sebenarnya memiliki kesempatan untuk membuka keunggulan cepat ketika tangan Hérita N'Kongolo Ilunga terkena bola hasil tendangan Yossi Benayoun. Akan tetapi wasit Peter Walton tidak menganggap hal itu sebagai handsball.

peluang emas pertama didapat tuan rumah ketika umpan silang kapten Steven Gerrard ditepis oleh kiper Robert Green ke arah Albert Riera dan tendangan yang dilepaskan Riera masih dapat dihalau oleh James Collins.

Bahkan Liverpool bisa dikatakan mendominasi sepanjang pertandingan dimana mereka terus mengurung pertahanan West Ham. Sundulan Sami Hyypia nyaris menjebol gawang Green jika saja tidak melambung tipis diatas mistar.

Lagi-lagi Hyypia membahayakan gawang tim tamu ketika sundulannya sekali lagi hampir membuahkan gol jika saja tidak dihalau Charlton Cole, yang mundur ke belakang untuk membantu pertahanan.

West Ham mencoba membalas dan memiliki peluang awal mereka ketika tendangan keras mantan penyerang Liverpool, Craig Bellamy, nyaris menjadi gol.

Green layak menjadi man of the match pada pertandingan tersebut karena beberapa kali kiper muda Inggris itu melakukan penyelamatan penting untuk menghalau berbagai serangan Liverpool.

Sundulan Kuyt, tendangan Benayoun di mulut gawang, aksi Riera dan Gerrard berhasil dimentahkan kiper berusia 28 tahun itu.

Benitez memasukkan Ryan Babel di babak kedua untuk menambah daya gedor Liverpool, namun hingga pertandingan usai kedudukan imbang tetap tidak berubah bagi kedua tim.

Hasil ini membuat fans Liverpool kecewa yang kemudian memberikan meneriaki tim kesayangannya. Bagi Liverpudlians hasil ini kurang meyakinkan mereka meski mampu menggeser Chelsea di puncak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar