Senin, 01 Desember 2008

Timnas


Jaga Gelora Semangat


JAKARTA - Hari pertandingan Piala AFF 2008 semakin dekat. Tim nasional (timnas) Indonesia menyatakan sudah sangat siap menyongsong. Skuad utama telah ditetapkan dengan dominasi muka lama. Kini, konsentrasi dialihkan ke penguatan mental para pemain.

Untuk hal itu, pelatih timnas Benny Dolo tidak henti-hentinya mengingatkan pemain untuk tidak memandang remeh lawan. Bendol -sapaan akrab Benny Dolo- selalu menegaskan bahwa bukan Singapura saja lawan berat di grup A. Myanmar dan Kamboja juga bukan lawan enteng.

Kerja penguatan mentalitas pemain itu bukan hanya kerja Bendol. Badan Tim Nasional (BTN) pun turun tangan. BTN mencoba merangsang semangat pemain dengan memastikan kucuran bonus kemenangan maupun juara.

"Aturan sudah kami buat terkait bonus. Hanya, kami tidak bisa menyebut angka. Jadi, pemain tidak perlu lagi merasa khawatir," kata Hamka B. Kady, wakil ketua BTN, kemarin siang (1/12).

Yang harus dilakukan pemain saat ini adalah berkosentrasi penuh menghadapi hari pertandingan. Kepastian bonus itu diharapkan Hamka mampu membuat Charis Yulianto dkk tenang dan tampil trengginas di Piala AFF 2008.

"Motivasi kami saat ini sangat membubung. Bahkan, kami sangat optimis bisa meraih gelar juara," ujar Budi Sudarsono, striker timnas asal Kediri.

Nah, gelora motivasi itu kini menjadi tugas pelatih untuk menjaganya. Nyala tersebut tentu jangan sampai padam sebelum hari pertandingan. Semangat itu harus terus dijaga.

Itu merupakan salah satu modal penting untuk meraih kemenangan demi kemenangan. Yang tidak boleh dilupakan Bendol adalah menjaga kondisi pemain, baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan latihan.

Hal itu mutlak dilakukan agar fisik pemain tidak drop. Di luar latihan, pemain diminta kesadaran agar mampu mengontrol diri untuk tidak keluyuran dan mampu menjaga masa istirahatnya.

Di dalam lapangan, mantan pelatih Arema Malang tersebut memberikan porsi latihan yang menunjang ke arah itu. "Latihan dalam masa yang tersisa akan selalu kami manfaatkan untuk menjaga kondisi pemain. Selain itu, waktu tersisa tentu untuk menjaga kekompakan tim utama serta tim secara keseluruhan," tegas Bendol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar