Rabu, 21 Januari 2009

Pra Piala Asia

Tiongkok lumat Vietnam

BEIJING
- Tiongkok terlalu tangguh bagi Vietnam. Bertanding di Zhejiang Yellow Dragon Sports Center, juara Piala AFF 2008 itu tadi malam WIB dihajar tuan rumah dengan skor 6-1 di kualifikasi Piala Asia 2011 grup D.

Babak belurnya Vietnam sudah terlihat di menit-menit awal. Pertandingan baru berjalan dua menit, gawang Vietnam sudah dijebol Gao Lin. Penyerang asal klub Shanghai Shenhua itu kemudian mencetak dua gol lagi untuk melengkapi hat-trick pada menit ke-21 dan 84. Tiga gol kemenangan pasukan Naga Merah lainnya dicetak Du Wei menit ke-28, Jiang Ning (38'), dan Hao Junmin (48').

Bagi Tiongkok, kemenangan telak itu adalah penebus atas kegagalan di laga perdana grup D pekan lalu. Ketika melawat ke Aleppo International Stadium, skuad besutan Yin Tiesheng menyerah 2-3 dari tuan rumah Syiria.

Vietnam yang di laga pertama menang 3-1 atas Lebanon sebetulnya sempat mengejutkan tuan rumah Tiongkok. Setelah tertinggal pada menit kedua, Vietnam mampu menyamakan kedudukan di menit ke-13 lewat aksi Nguyen Vu Phong. Tapi, itu menjadi gol pertama dan terakhir bagi Vietnam di laga ini. Dengan kemenangan tersebut untuk sementara Tiongkok memuncaki klasemen sementara Grup D. Di Hongkong (grup A), Bahrain mempermalukan tuan rumah dengan skor 3-1. Bahrain mencetak gol masing-masing lewat Ismaeel Abdullatef (10'), Abdulla Baba (37'), dan Salman Isa (87'). Sedangkan satu gol tuan rumah dicetak pemain pengganti, Cheng Siu Wai, di pengujung waktu pertandingan.

Pada pertandingan lainnya di Kuala Lumpur, Malaysia yang tergabung di grup C babak belur dihajar tamunya, Uni Emirat Arab (UEA) dengan lima gol tanpa balas. Di ajang Piala Asia 2011, lima tim sudah memastikan tampil di putaran final atau tanpa melawati babak kualifikasi. Mereka adalah Qatar yang berstatus tuan rumah. Iraq, Arab Saudi, dan Korea Selatan dengan status menempati posisi tiga besar Piala Asia 2007. India lolos karena menjadi juara AFC Challenge Cup (satu level di bawah Piala Asia) 2008. Ini adalah kali pertama India lolos ke putaran final sejak 1984.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar